Kamis, 18 Februari 2016

Hal Yang Lebih Berharga Dari IQ Untuk Raih Kesuksesan Part 1

Kita sering menganggap bahwa untuk sukses harus pintar atau memiliki IQ yang tinggi. Namun saat ini memiliki kepintaran atau IQ inggi saja tindak cukup, bahkan beberapa orang mengatakan bahwa EQ ( Emotion Quotient) jauh lebih mendukung kesuksesan dibanding dengan IQ. Walau tentunya keduanya saling mendukung satu sama lain dan juga diperlukan sebagai penyeimbang.

Menurut penelitian yang dilakukan, terdapat beberapa ciri-ciri kepribadian seseorang adalah prediktor mengenai kesuksesan yang lebih akurat dibandingkan dari tingkat kecerdasan orang tersebut.


Buat kamu yang penasaran apa saja  hal-hal yang lebih berharga selain IQ tersebut? berikut ini ulasan dari saya:

1. Manajemen Diri

Kepandaian dalam mengatur emosi sangat penting dalam hidup kita termasuk menjaga sikap kita saat berada di situasi negatif . Kemampuan untuk berpikir terlebih dahulu dalam mengambil tindakan sebelum melakukan sesuatu sangat diperlukan. Emosi yang cepat naik dan meledak dapat menurunkan reputasi dan respek orang lain terhadap diri kita.

Manajemen diri yang paling sederhana dan bisa dicoba yaitu dimulai dari kebiasaan memulai aktivitas atau kegiatan di pagi hari, siang hingga malam dengan teratur dan sehat.


2. Pola Pikir yang Terus Berkembang


Orang dengan pola pikir yang berkembang dapat menyambut tantangan dan rintangan dengan lebih terbuka. Mereka lebih percaya diri pada kemampuan mereka untuk menguasai apa saja walau saat ini mereka belum mengetahuinya sedikit pun.

Mereka juga bisa mengungguli mereka yang tidak memiliki mindset untuk terus bertumbuh dan berkembang, Bahkan jikalau mereka memiliki nilai IQ yang lebih rendah.

3. Empati
Mampu mengerti kondisi serta keadaan perasaan atau pikiran diri dengan teman, klien atau kolega. Hal ini tentu dapat mengontrol keadaan sehingga mencegah terjadinya tekanan atau konflik.

Memiliki rasa empati tentunya sedikit berbeda dengan hanya berkata "Saya mengerti anda" . tentunya hal tersebut dapat meningkatkan rasa kepercayaan orang lain terhadap anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar